Minggu, 30 Oktober 2011

Sejarah Hindu Budha


A. Hindu
Sejarah Agama Hindu diawali dari kedatangan bangsa Arya dari Asia tengah (iran/persia/afganistan) pada tahun 1500 S.M. ke daerah lembah sungai Indus dan mendesak penduduk asli yaitu suku Dravida. Bangsa /suku Arya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRMiWi9nyYFgBiYFCROz6CF7G4qLUwIMwcbGTPwzTz0CaM_AqYMpxFyPj6oSacoxoTCHVHL1MTzwlSlBRaBmkfuqrFEosY_eYEP8oOVGVDYqo1dsUOroAKypINaHMte3NcJjUuZ5rNC5gR/s200/Prambanan.jpgbergerak terus dan menyebar kearah tenggara dan memasuki daerah sungai Gangga dan Yamuna.di daerah tersebut terjadilah asimilasi budaya yang akhirnya melahirkan kebudayaan Hindu/ sindu.
Kata Hindu berasal dari kata Sindu/ Sind. Dimana kebudayaan Arya dan Dravida telah menyatu, dilafalkan dalam bahasa persia sebagai Hindi, dan Orang latin / yunani menamainya Indi/ India.
Kepercayaan bangsa /suku Hindi/ hindu adalah Polytheisme (menyembah banyak Tuhan/ dewa). Namun pada dasarnya mereka menyembah 3 dewa utama yang disebut Trimurti, yaitu : Brahmana (pencipta alam semesta), Wisnu (pemelihara alam), dan Syiwa (menguasai kematian ,kehancuran dan peleburan).
Kitab yang dibuat oleh para resi (Mahaguru) bangsa Hindu dinamakan Weda/Veda. Yang terdiri dari Reg weda, Samaweda, Yay(j)urweda, Atharweda. Yang intinya berupa syair syair atau doa-doa serta pujian pada sanghyang widi.
Inti ajarannya yaitu bahwa manusia dalam keadaan samsara sebagai akibat perbuatan pada masa lalunya. Manusia harus ber-reinkarnasi untuk memperbaiki hidup dan mencapai Moksa dan masuk nirwana.
Kehidupan masyarakatnya menganut 5 bagian kasta yaitu:
1. Brahmana : Para pemimpin agama/ biksu
2. Ksatria : Para raja dan bangsawan
3. Waisya : Para pengusaha /pedagang
4. Sudra : Para petani dan pekerja kasar
5. Paria :Gelandangan, pengemis dsb.(orang orang yang hina)

B.Buddha
Lahirnya Budha adalah hasil perenungan Sidharta Gautama yang kemudian dikenal sebagai Sang Bu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgX1xlXAInbJBjYcosfEedfie_Wj-QWmm1E-CeWny9DPN1PztH_eFBl1L0uuY8IJWKe3zebAR2nV1uh1IUqRi0PCk-VLVAW6l3dFkDogIw0Nr718kAaDIxVk1mHjVUSZ4T2qck1LoYRa8zV/s200/budha.jpgdha. Lahir 563 S.M. dari Raja Sudhodana kerajaan Kosalla di Kapilawastu. Tahun 531 Sidharta Gautama mendapatkan pencerahan dari hasil perenungan dan pengalamannya.(yang akhirnya dinamakan sang Buddha /Orang yang tercerahkan).
Ajaranya dinamakan Trsna (menindas nafsu) dengan cara 8 jalan (astavidha)dan Triratna. Kitab sucinya: Tripitaka, yang terdiri dari
- Winayapitaka
- Sutrantapitaka
- Abdidarmapitaka.

Agama budha mencapai puncaknya pada masa kekuasaan raja Ashoka (273- 232 s.m.)
Dalam perkembangannya budha menjadi 2 aliran yaitu :
a. Mahayana (kendaraan besar) : harus memikirkan orang lain / bersikap terbuka.
b. Hinayana (kendaraan kecil) :pentingnya diri sendiri untuk mencapai nirwana /bersikap tertutup.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Hindu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar